Tue, May 21, 2024
Workshop Penyediaan data Inventarisasi Gas Rumah kaca (GRK) di Sulawesi Barat

Balai PPI sebagai fasilitator kegiatan Inventori GRK melaksanakan kegiatan Workshop penyediaan data Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) di Mamuju Sulawesi Barat yang dilaksanakan pada tanggal 16 November 2021 di Hotel Diana.

Kadis Lingkungan Hidup Prov. Sulbar, Bpk. A. Aco Takdir, S.Sos., M.Pd dalam memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop ini sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai PPI. Adapun dalam kegiatan ini, beliau juga sangat mengapresiasi pada bidang Pengendalian Pencemaran & Kerusakan LH khususnya pada seksi Pemeliharaan Lingkungan kepada Ibu Syukriah Alimuddin, S.Si dan Ibu Wirawati, SKM yang sangat loyalitas terhadap tanggungjawabnya yang sudah berhasil membawa kegiatan Proklim (Program Kampung iklim) pada tingkat Nasional.

Pemaparan materi disampaikan langsung oleh Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca MPV (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI) mengenai pengantar SignSmart Versi 2.1 dan Tata Cara Pengisian Data, meliputi 4 sektor yaitu Energi, Pertanian, Kehutanan, dan Limbah). Dan di Moderatori oleh Bpk. Pengendalian Pencemaran & Kerusakan LH Afdal Mahyuddin, S.Kom, M.A.P

Kegiatan Workshop ini, dihadiri oleh OPD Prov. Sulbar dan Dinas Lingkungan Hidup di Enam Kabupaten serta Stakeholder terkait.

\

Pada pelaksanaan Workshop ini berjalan dengan lancar dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Para peserta kegiatan juga sangat antusias mengikuti kegiatan workshop ini.

Disela-sela kegiatan juga dirangkaian Pemberian secara simbolis yaitu Tropy dan sertifikat Proklim Utama skala Nasional 2021 untuk Kab. Polman dan Kab. Majene yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI kepada Kadis LH Prov. Sulbar. Penghargaan diberikan karena kedua Kabupaten tersebut telah melakukan serangkaian aksi adaptasi, mitigasi sesuai dengan indikator Proklim dalam menurunkan emisi Gas Rumah Kaca di Lokasi Proklim tersebut.

Pemberian Tropy dan sertifikat Proklim Utama, diterima oleh perwakilan dari Kab. Polman yang telah berhasil meraih Proklim Utama Skala Nasional 2021 yang diserahkan langsung oleh Kadis LH Prov. Sulbar. Proklim Utama ini didapatkan oleh Dusun Tandipura, Desa Kaleok, Kec. Binuang.

Pemberian Tropy dan sertifikat Proklim Utama Skala Nasional 2021 selanjutnya diterima oleh perwakilan DLH Kab. Majene yang diserahkan secara langsung oleh Kadis LH Prov. Sulbar. Proklim Utama ini didapatkan oleh Lingkungan Lipu, Kel. Binuang Utara, Kec. Banggae Timur, Kab. Majene

Adapun tujuan kegiatan ini untuk update data emisi 4 sektor yaitu Energi, Pertanian, Kehutanan, dan Limbah). Selain itu dalam kegiatan ini juga diharapkan agar Kab. lain yang belum mendapatkan Tropy penghargaan agar dapat termotivasi seperti yang telah diraih oleh Kab. Polman dan Kab. Majene.

0 Comments

Leave a Comment