Sun, May 19, 2024
Kegiatan Pendampingan Indentifikasi Penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten/Kota Kab. Mamuju 2024

Kegiatan Pendampingan Indentifikasi Penilaian SEKOLAH ADIWIYATA Tingkat Kabupaten/Kota Kab. Mamuju 2024

MAMUJU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanan pendampingan indentifikasi Penilaian Adiwiyata kab. Mamuju yang berlokasi di kec. kalukku & Kec. Mamuju, Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat selama 2 hari, Senin – Selasa, Tanggal 29 s/d 30 Januari 2024.

Pendampingan di hari pertama tim Adiwiyata langsung menuju ke kecamatan Kalukku di mana di kecamatan tersebut terdapat 3 sekolah yang akan di persiapkan maju menuju Adiwiyata tingkat Provinsi di tahun ini yaitu : SMU 1 kalukku, SD Negeri Kalukku & SD Negeri Wonorejo. Di hari kedua Tim Adiwiyata melakukan pendampingan penilaian Sekolah yang ada di dalam Kota Mamuju, yaitu SMPN 1 Mamuju, SMPN 2 Mamuju, dan Sekolah Islam Wildan. dalam kesempatan ini sekaligus penilaian Adiwiyata Tingkat kabupaten oleh DLH Kab. Mamuju.

Pendampingan Sekolah Adiwiyata merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan di sekolah. Pembinaan ini dilaksanakan oleh tim dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Mamuju dengan mengundang Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat Sebagai Pendamping dalam memberikan masukan untuk melangkah ke tingkat selanjutnya yaitu Adiwiyata Provinsi, pembinaan ini mengacu pada kriteria penilaian yang tercantum di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.52 Tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan P.53 Tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

Maksud dan tujuan dari pembinaan ini adalah untuk mempersiapkan pihak sekolah untuk Evaluasi atau Penilaian Sekolah Adiwiyata di tingkat lebih lanjut (Provinsi) Tahun 2024. Pada tahun ini terdapat 3 sekolah yang mengikuti pendampingan persiapan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi diantaranya:

  1. SMU Negeri 1 Kalukku Kab. Mamuju
  2. SD Negeri Kalukku
  3. SD Negeri Wonorejo

Kepala Dinas Lingkungan Provinsi Sulawesi Barat Hidup H. Zulkifli Manggazali mengatakan bahwa Program Adiwiyata ini merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, Selain itu, gerakan ini juga bertujuan untuk mendorong aksi kolektif di sekolah agar seluruh warga sekolah secara sadar dan sukarela, berjejaring dan menerapkan prilaku ramah lingkungan hidup yang meliputi aspek, kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan.

gallery:

0 Comments

Leave a Comment