Sun, May 19, 2024
DALAM UPAYA MITIGASI PERUBAHAN IKLIM DLH PROV. SULBAR MENYERAHKAN BANTUAN BIBIT POHON PRODUKTIF DI BAYOR-BAYOR DESA BATU PANNU KEC. MAMUJU, KAB. MAMUJU

DALAM UPAYA MITIGASI PERUBAHAN IKLIM DLH PROV. SULBAR MENYERAHKAN BANTUAN BIBIT POHON PRODUKTIF DI BAYOR-BAYOR DESA BATU PANNU KEC. MAMUJU, KAB. MAMUJU

Perubahan iklim menjadi tantangan yang serius dan memerlukan tindakan nyata untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (mitigasi) dan mengadaptasi diri terhadap dampak yang sudah ada atau yang akan datang (adaptasi). Beberapa upaya mitigasi dan adaptasi yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan beralih ke energi terbarukan, mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, dan melestarikan hutan.

Dalam upaya mitigasi perubahan iklim, Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulbar, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan melakukan penyerahan bantuan bibit tanaman produktif (bibit durian) pada tanggal 9 maret 2024 di Bayor-Bayor, Desa Batupannu, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju sebagai upaya peningkatan tutupan vegetasi dalam melestarikan lingkungan.

Sebagaimana diketahui, tumbuhan melakukan fotosistesis untuk membentuk zat makanan atau energi yang dibutuhkan tanaman tersebut. Dalam fotosintesis tersebut tumbuhan menyerap karbondioksida (CO2) dan air yang kemudian di rubah menjadi glukosa dan oksigen dengan bantuan sinar matahari. Kesemua proses ini berlangsung di klorofil. Kemampuan tanaman sebagai penyerap karbondioksida akan berbeda-beda.

Kegiatan ini dilaksanakan langsung oleh Kabid. Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Alexander Bontong, S.Hut, MM beserta staff. Jumlah bibit yang dibagikan sebanyak 1.836 batang dengan pupuk kandang sebanyak 3.672 kg dan diterima langsung oleh ketua kelompok Tani Mesa Pattuju.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulbar, H. Zulkfili Manggazali, SE, M.Si berharap dengan adanya kegiatan upaya mitigasi perubahan iklim dapat menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca sebagai bentuk upaya penanggulangan dampak perubahan iklim yaitu dengan peningkatan tutupan vegetasi dengan tanaman produktif yang bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat.

0 Comments

Leave a Comment