Sun, May 19, 2024
Sosialisasi Pengelolaan Sampah rumah tangga

Mamuju (Selasa,09/05/2023), Sosialisasi dan pembinaan tentang pengelolaan sampah rumah tangga, kembali digelar oleh DLH Prov Sulbar. Selasa 09 Mei 2023 bertempat di Hotel Berkah Mamuju Jl. Soekarno Hatta, Karema, Mamuju untuk diberikan arahan dan pembinaan tentang bagaimana cara mengelola sampah Rumah Tangga yang baik dan benar.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulbar,  H. Zulkifli Manggazali didampingi oleh Kepala Bidang Persampahan Hasman serta narasumber dari P3E Sulawesi maluku KLHK Faizal Muis, S.Si, MM. Kegiatan Sosialisasi ini diawali  dengan pemaparan materi oleh narasumber pertama dimana Kepala Bidang Persampahan Hasman yang membawakan materi mengenai pengurangan sampah dalam rumah tangga untuk masuk di TPA, dan dari P3E membawakan materi cara mengelola sampah rumah tangga dan Praktek Pembuatan Kompos sehingga kedepannya bisa mengurangi sampah yang masuk di TPA.

Materi sosialisasi meliputi pengertian pengelolaan sampah berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang tatacara pemilahan sampah organik dan non organik, materi informasi pengumpulan sampah yang bernilai ekonomis atau bisa dijual, materi himbauan untuk pengurangan sampah plastik dalam kegiatan rapat dan pertemuan, serta praktek pembuatan kompos cair.

Para peserta yang terdiri dari ibu-ibu darma wanita, PKK, Lurah, Pengelola bank Sampah kab. Mamuju, Guru-guru dari beberapa sekolah serta Kepala Pasar yang ada di Kab. Mamuju. para undangan sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta sosialisasi kepada narasumber tentang manfaat mengelola dan memilah sampah rumah tangga.

Kepala DLH Prov Sulbar, H. Zulkifli Manggazali, mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya Kegiatan sosialisasi ini adalah agar masyarakat memahami bahwa tidak semua sampah dibuang tetapi bisa dijadikan kompos, dijual, dibuat keterampilan, dan yang dibuang apabila sudah tidak bisa dibuat apapun dari hasil keterampilan.

“Jika dikelola dengan baik maka sampah bisa dijual dan dimanfaatkan sehingga menambah penghasilan keluarga,” sebutnya, seraya mengatakan target sosialisasi pengelolaan sampah yaitu semakin meluasnya pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment