Sun, May 19, 2024
BIMTEK REGISTRASI SRN DAN SPECTRUM TAHUN 2023

PERTEMUAN KOORDINASI, SINKRONISASI DAN PELAKSANAAN PENGENDALIAN EMISI GAS RUMAH KACA, MITIGASI DAN ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM

Dampak perubahan iklim sudah dirasakan di berbagai daerah di Indonesia. Kondisi ini akan mengakibatkan risiko perubahan iklim di lokasi-lokasi yang cukup rentan menjadi lebih tinggi. Penanganan pengendalian dampak perubahan iklim memerlukan sinergi dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah sampai dengan masyarakat yang terkena dampak. Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dikembangkan dan dilaksanakan sejak tahun 2011 merupakan salah satu upaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melakukan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim dan mendukung target penurunan emisi GRK nasional.

Untuk mendukung Komitmen Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo yang disampaikan dalam acara Climate Adaption Summit Tahun 2021, “Menggerakkkan potensi masyarakat dalam menangani perubahan iklim melalui ProKlim dengan target 20.000 Desa pada Tahun 2024”. Dalam rangka pencapaian tersebut, ProKlim terus diperkuat dan ditingkatkan sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan masyarakat yang berketahanan iklim dan menerapkan pola hidup rendah emisi Gas Rumah Kaca (GRK). ProKlim merupakan salah satu program pengendalian perubahan iklim di Tingkat tapak yang perlu dilaporkan dan dicatatkan dalam Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI) .

Pertemuan koordinasi, sinkronisasi dan pelaksanaan pengendalian emisi gas rumah, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dilaksanakan pada hari kamis tanggal 4 Mei 2023 di Hotel Cempaka Mamuju.  Kegiatan ini dihadiri oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov Sulbar, Balai PPI Sulawesi, kabid. PPKL DLH Prov Sulbar, instansi Kabupaten terkait dan unsur pemerintah desa perwakilan desa proklim se-provinsi Sulawesi barat.

Pertemuan diawali dengan penjelasan mengenai pemanfaatan data ProKlim dalam Penyusunan Rencana Adaptasi Perubahan Iklim dan pelaksanaan. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang membahas penguatan pelaksanaan ProKlim di daerah. Setiap perwakilan provinsi menyampaikan informasi maupun masukan terhadap pelaksanaan ProKlim. Hal yang menarik dari diskusi ini antara lain adanya kegiatan studi banding antar daerah mengenai ProKlim, sinergi ProKlim dengan program pemerintah daerah tingkat desa/kelurahan, koordinasi provinsi dengan kabupaten/kota untuk mendukung pelaksanaan ProKlim, dan lain sebagainya

Dengan kegiatan Pelaksanaan Pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca, Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim (Bimtek SRN & Spectrum) diharapkan dapat meningkatkan kapasitas bagi instansi dan calon lokasi Proklim dalam melakukan serangkain aksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim serta pembinaan terhadap calon lokasi ProKlim di Wilayah masing- masing kabupaten menuju 20.000 kampung iklim .

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment