Tue, May 21, 2024
DLH MENGELAR BIMTEK PEMBINAAN PROGRAM KAMPUNG IKLIM SE- SULAWESI BARAT

DLH MENGELAR BIMTEK PEMBINAAN PROGRAM KAMPUNG IKLIM SE- SULAWESI BARAT

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat melalui Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKL) menyelanggarakan Bimtek Pembinaan Program Kampung Iklim se- Sulawesi Barat yang diselenggarakan pada Hari Rabu, 24 April 2024 di Hotel Grand Putra Jl. Emmy Saelan No69-140, Binanga Kec. Mamuju Kabupaten Mamuju.

Kegiatan dimulai Pukul 08.00 Wita – selesai. Acara dibuka oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Zulkifli Manggazali, SE, M.Si di dampingi Kabid PPKL, Alexsander Bontong, S.Hut, MM dan Plt. Kepala Seksi Wil. I Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi  Sudarwanto, S.Hut, M.P. serta yang bertindak selaku moderator Syukria Alimuddin, S.Si

Dalam sambutannya, Kadis DLH Sulbar H. Zulkifli Manggazali, mengatakan bahwa tujuan Bimtek Proklim ini yaitu agar peserta dapat memahami dan melaksanakan Aksi Adaptasi dan Mitigasi terhadap perubahan iklim melalui Program Kampung Iklim (Proklim) di wilayah masing-masing dan diharapkan kegiatan Pertemuan ini dapat meningkatkan kapasitas bagi instansi dan lembaga terkait dalam melakukan kegiatan Program Kampung Iklim yang sangat penting peranannya dalam upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim secara Global dan khususnya di Provinsi Sulawesi Barat guna mendukung  pencapaian target nasional 20.000 kampung iklim pada tahun 2024 ini.

Lebih lanjut Kadis DLH Sulbar, Zulkifli Manggazali menyampaikan bahwa Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan secara terus menerus mengingat kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan teknis kepada pemangku kepentingan di masing-masing Kabupaten yang mana nantinya Pemerintah Kabupaten yang akan melaksanakan pembinaan langsung ke desa/kelurahan di wilayahnya masing-masing terkait pelaksanaan kegiatan-kegiatan atau aksi-aksi mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Peserta Bimtek berasal DLH Se-Sulbar beserta para pendamping Enumator Lingkungan masing-masing Daerah dengan total undangan peserta sebanya 35 Orang. Diharapkan kepada seluruh peserta agar mampu membuat target pencapaian pelaksanaan Proklim mulai dari kategori Proklim Pratama, Madya dan Utama.

Adapun yang menjadi dasar dari pelaksanaan kegiatan Bimtek Proklim adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.84/MENLHK-SETJEN/KUM.1/11/2016 tanggal 3 November 2016 tentang Program Kampung Iklim, Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubaha  Iklim Nomor : P.1/PPI/SET/KUM.1/2/2017 tanggal 24 Februari 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Kampung Iklim, Intruksi Gubernur Sulawesi Barat No. 1 tahun 2019 tentang Pembinaan dan Pendampingan Proklim dan Pergub Sulawesi Barat No. 30 Tahun 2021 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Marasa.

Narasumber dari DLH Provinsi Sulbar Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKL) Alexsander Bontong, S.Hut, MM dan Plt. Kepala Seksi Wil. I Balai PPI Wilayah Sulawesi  Sudarwanto, S.Hut, M.P menjelaskan tentang kebijakan-kebijakan terkait perubahan iklim di Kabupaten/Kota se Sulawesi Barat dan target-target dalam perubahan iklim sampai dengan tahun 2030 disesuaikan dengan Perencanaan Strategi Daerah

Sedangkan pada sesi terakhir dalam kegiatan Bimtek pembinaan Proklim, Balai Pengendalian Perubahan Iklim (BPPI) Wilayah Sulawesi melakukan pendampingan mengenai tata cara pengisian Form Excel Proklim dan pengregistrasian lokasi proklim pada aplikasi Sistem Registri Nasional (SRN) Pengendalian Perubahan Iklim melalui www.ditjenppi.menlhk.go.id/srn.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment