Sun, May 19, 2024
Dinas Lingkungan Hidup Prov, Sulbar Berkolaborasi dengan Komunitas Laut Biru dalam memperingati HPSN 2024.


Polman – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat berkolaborasi dengan Komunitas Laut Biru, DLH Kabupaten Polman, TNI Polri, Masyarakat sekitar dan beberapa sekolah yang ada di sekitar Kecamatan Balanipa melaksanakan Kegiatan Peringatan HPSN yang berlokasi di Pantai Uai Tawar Desa Tamangalle Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar pada tanggal 21 Februari 2023.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor 2 Tahun 2024 tentang Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, tema yang diusung tahun ini yaitu “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Peringatan HPSN tahun 2024 ini akan memfokuskan persiapan Indonesia dalam menghadapi ILBI (International Legally Binding Instrument) on plastic pollution untuk mewujudkan penyelesaian polusi plastik di Indonesia.

Selain itu peringatan HPSN 2024 juga ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah. Hal ini sebagai usaha bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagai manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Sehingga diharapkan kita dapat mengatasi polusi plastik dengan cara produktif.

dalam sambutan Kepala Dinas yang di Wakilkan oleh Kepala Bidang Persampahan, LB3 dan Peningkatan Kapasitas Afdal Mahyudin menjelaskan Dalam Ketentuan UU No 18 Tahun 2008 Pasal 1 tentang Pengelolaan Persampahan dinyatakan bahwa “Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan alam yang berbentuk padat yang perlu dikelola secara menyeluruh dan berkesinambungan, meliputi pengurangan dan penanganan untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman, bersih dan sehat”.

sementara itu pendiri komunitas Laut Biru Putra Ardiansyah berharap, kegiatan ini dapat menjadi refleksi kesadaran bagi masyarakat, agar kedepannya dapat mengurangi timbunan sampah dan dapat mengelola sampah dengan bijak. ” 21 Februari ini adalah peringatan Hari Peduli Sampah Nasional , di tahun 2024 ini kami berharap kegiatan tahunan ini menjadi sebuah refleksi , bukan acara upacara , dimana memang ini kita harus sadar bagaimana sampah – sampah kita yang ada di rumah ini ternyata banyak berakhir di lautan dan itu kegiatan yang kita lakukan aksi pada hari ini .Jadi harapan saya , masyarakat harus lebih sadar kedepnanya bagimana mengurangi timbunan sampah agar tidak berakhir di lautan ” Kata Putra .

Target Pemerintah sehingga pada tahun 2025 adalah adanya pengurangan timbulan sampah sebesar 30% atau 20,9 juta ton serta penanganan sampah sebesar 70% atau 49,9 juta ton, sebagaimana telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (Jaktranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga . Hal ini hanya dapat tercapai apabila dilaksanakan secara kontinyu dan berkelanjutan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat H. Zulkifli Manggazali juga berharap dengan adanya acara ini dapat memperoleh hasil yang memuaskan khususnya dalam mengoptimalkan penanganan sampah terutama sampaj plastic sesuai dengan tema tahun ini “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment