Sun, May 19, 2024
PEDULI LINGKUNGAN, DLH PROVINSI SULAWESI BARAT BERKOLABORASI BERSAMA ANGKATAN MUDA PECINTA ALAM SULAWESI (AMPAS)  DALAM KEGIATAN BERSIH-BERSIH PANTAI ARTERI KAB. MAMUJU

Mamuju, 15 Oktober 2023. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat bersama Angkatan Muda Pecinta Alam Sulawesi (AMPAS) dan masyarakat Kabupaten Mamuju bersama-sama melakukan aksi bersih-bersih Pantai Arteri di Kab. Mamuju, Minggu (15/10/2023)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, H. Zulkifli Manggazali, SE, M.Si. turun langsung mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai bersama organisasi AMPAS dan masyarakat Kab. Mamuju sebanyak lebih dari 100 orang. Kegiatan ini sebagai sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya pengendalian pencemaran pesisir dan laut. Dalam aksi bersih pantai hari ini terkumpul total 100 lebih karung sampah.

Sumber pencemaran pesisir dan laut tersebut, sekitar 80% berasal dari kegiatan di daratan, bersumber dari kegiatan di wilayah pesisir dan dari aliran sungai yang bermuara di pesisir dan laut. Sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi, yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut. 

Menurut Zulkifli, kegiatan ini merupakan awal yang sangat baik dalam mencegah dan mengurangi pencemaran lingkungan, khususnya di pantai arteri dengan jenis sampah yang utama ialah sampah plastik.

“kegiatan bersih-bersih pantai ini diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan demi mencegah pencemaran lingkungan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak yang besar untuk lingkungan sekitar” Ujar Zulkifli.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat juga berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran tentang pelestarian lingkungan melalui berbagai inisiatif dan kolaborasi, termasuk melalui kegiatan bersih-bersih .

Zulkifli menambahkan, bentuk inovatif dari pengendalian pencemaran lingkungan ialah merubah sampah menjadi uang. Dimana beberapa jenis sampah dapat ditukarkan menjadi uang dengan kata lain “Menabung Sampah”. Hal ini diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat bahwa sampah masih dapat bernilai uang.

Kegiatan bersih-bersih ini akan dilaksanakan setiap hari minggu di pantai arteri bersama para kelompok pecinta alam (AMPAS) dan masyarakat Kabupaten Mamuju.

Gallery :



0 Comments

Leave a Comment