Sun, May 19, 2024
Verifikasi Lapangan calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi di Kab. Majene & Kab. Polewali Mandar
Liputan oleh Polewali Mandar TV

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) sesuai Permen LHK No. 52 tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Program GPBLHS sendiri adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Gerakan PBLHS ini bertujuan untuk mewujudkan perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup serta merupakan suatu upaya dalam mendukung ketahanan bencana warga sekolah.

GPBLHS ini nantinya akan diintegrasikan dengan program Adiwiyata. Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah, pemerintah daerah/provinsi atau dan pemerintah kabupaten/kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan GPBLHS. Gerakan PBLHS ini dilakukan dalam jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah/sederajat yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Gerakan PBLHS yang disusun berdasarkan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan juga Identifikasi Potensi dan Masalah Lingkungan Hidup (IPMLH). Pemantauan Gerakan PBLHS dilakukan satu kali dalam satu tahun dan hasil pemantauan dan evaluasi tersebut menjadi salah satu bahan untuk menyusun EDS.

adapun tujuan dari Program Adiwiyata untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah dan menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. seluruh pelajar ikut terlibat dalam segala kegiatan atau aktivitas persekolahan demi menuju lingkungan yang sehat dan juga mampu menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Dan berikut Verifikasi lapangan Calon sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Majene & Kabupaten Polewali Mandar oleh Tim Penilai Sekolah Adwiyata. adapun jumlah calon sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi untuk Kab.Majene mengusulkan 4 sekolah antara lain : SDN NO 18 INPRES BABABULO, MIS AINUN SAHAB, MTS DDI MAJENE & MIS GUPPY TANGNGA-TANGNGA, dan Usulan Calon sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kab. Polewali Mandar mengusulkan 2 Sekolah antara lain : SDN 016 SARAMPU & SMPN 2 POLEWALI.

Galery Kegiatan:

0 Comments

Leave a Comment