Sun, May 19, 2024
PRESS RELEASE “KEGIATAN KONSULTASI PUBLIK II PENYUSUNAN KLHS RPJPD”

DLH PROV SULBAR SELENGGARAKAN KONSULTASI PUBLIK Il, PENYUSUSNAN KLHS RPJP PROVINSI SULAWESI BARAT

Dalam rangka penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (KLHS RPJPD) Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Lingkungan Hidup Daerah melaksanakan Konsultasi Publik II, guna merampungkan rumusan alternative arahan dan rekomendasi kebijakan prioritas yang strategis dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Konsultasi Publik II dilaksanakan pada hari Rabu 18 Oktober 2023, bertempat di Aula Hotel Cempaka Mamuju. Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan diikuti oleh unsur perangkat daerah dan instansi vertikal lingkup Provinsi Sulawesi Barat, serta Dinas Lingkungan Hidup kabupaten se-Sulawesi Barat. Turut hadir, tim ahli pendamping penyusunan KLHS dari LPPM Universitas Hasanuddin dan Anggota POKJA Penyusunan KLHS RPJPD.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, Zulkifli Manggazali, SE, MSi menjelaskan, bahwa kegiatan penyusunan KLHS RPJPD Provinsi Sulawesi Barat 2025-2045 ini diselenggarakan sesuai hasil rapat koordinasi dan Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Nomor 660/5112/Bangda tanggal 5 Juli 2022 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS bagi seluruh daerah yang menjadi peserta PILKADA Serentak 2024.

“Konsultasi Publik yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian kegiatan penyusunan KLHS RPJPD, untuk merumuskan alternatif arahan dan rekomendasi yang akan menjadi rujukan dalam penyusunan RPJPD Provinsi Sulawesi Barat. Tujuannya untuk memastikan bahwa perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan memperhatikan dan mengakomodir konsep pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan” ungkap Zulkifli.

Kegiatan Penyusunan KLHS RPJPD Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2025-2045 ini diselenggarkan atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin. Anggaran kegiatan bersumber dari APBD Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Barat TA 2023.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Kepala Bidang Penataan dan Penaatan PPLH, Abdul Syahid Hasan, S.Sos, MSi selaku panitia pelaksana juga mengajak peserta konsultasi publik untuk menyikapi perumusan arahan dan kebijakan prioritas TPB dengan antusias, mengingat pentingnya upaya menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. “Ayo…dunia telah memanggil, rakyat Sulawesi Barat menitip harapan di pundak kita semua, untuk menjaga kelestarian kehidupan dan kesejahteraan manusia bersama mahluk hidup lainnya di muka bumi ini” tutup Abdul Syahid Hasan.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment