Sun, May 19, 2024
Kegiatan Penanaman Mangrove dalam rangka HKG PKK ke-51

Kegiatan Penanaman Mangrove dalam rangka HKG PKK ke-51

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat bekerja sama Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat melakukan aksi penanaman mangrove di Lingkungan Rangas Kelurahan Simboro Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju pada hari Minggu, 19 November 2023.  Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke -51 Tahun 2023.

Hadir pada kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat, Ibu Ninuk Triyanti, SH, MH bersama seluruh pengurus TP PKK Provinsi Sulawesi Barat. Hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, bapak H. Zulkifli Manggazali, SE, M.Si beserta staf.

Secara simbolis sebanyak 200 bibit mangrove jenis Rhizopora ditanam di kawasan yang berada disekitar Lokasi Wisata Rangas Beach. Mangrove yang telah ditanam ini akan dimonitor secara kontinyu oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat sebagai bentuk komitmen dalam upaya pelestarian lingkungan dan penurunan Emisi Gas Rumah Kaca melaui program Nasional FOLU Net Sink pada tahun 2030 .

Mangrove adalah jenis tumbuhan yang sangat bermanfaat sebagai penyeimbang ekologis, dan juga berperan penting dalam mitigasi perubahan iklim dimana mangrove memilik peran dalam melindungi kawasan pesisir dari bencana abrasi, menahan ombak, pendangkalan hingga mencegah dampak kerusakan ketika terjadi bencana tsunami. Selain itu, mangrove juga bermanfaat dari segi ekonomi melalui pemanfaatan penyerapan karbonnya dan juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi ekowisata.

Gallery:

0 Comments

Leave a Comment