Tue, May 21, 2024
UPTD. Lab. Lingkungan DLH Prov. Sulbar melaksanakan rapat internal kaji ulang managemen (KUM) 2023

Rapat Kaji Ulang Managemen (KUM) 2023

Bertempat di ruang rapat kantor UPTD. Laboratorium Lingkungan yang bertempat di Jl. TVRI Mamuju, Jum’at 01 Desember 2023, UPTD. Laboratorium Lingkungan DLH Prov.  Sulbar  melaksanakan Rapat Internal kaji ulang managemen (kum).  Kegiatan ini diikuti seluruh staf yang ada di UPTD. Laboratorium Lingkungan.  Mengawali kegiatan,  Kepala UPTD. Laboratorium Lingkungan DLH Prov. Sulbar, M. Amrin Abdu, S.Pt., M.Pd. memberikan sambutan dan arahan, dalam arahannya disampaikan bahwa Pelaksanaan rapat tinjauan manajemen dan kaji ulang manajemen merupakan salah satu bentuk komitmen organisasi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sistem mutu laboratorium secara berkesinambungan, berkesesuaian, berkecukupan dan terintegrasi terhadap persyaratan mutu.

Rapat kaji ulang managemen (kum) merupakan rangkaian kegiatan dari audit internal/eksternal yang telah dilakukan dan dilaksanakan minimal 1 kali dalam setahun. Pelaksanaan rapat kaji ulang managemen mengacuh pada ISO 17025 dan Permen KLH nomor 23 tahun 2020 tentang laboratorium lingkungan. Dalam kaji ulang managemen, setiap manager memaparkan; tindakan perbaikan, rencananya, dan kebijakannya dari temuan ketidaksesuai agar menjadi lebih baik ke depan. Adapun paparan yang disampaikan oleh Manager adminitrasi dan keuangan, meliputi; evaluasi pemasok, pemenuhan sarana prasarana, evaluasi saran mutu terkait SDM, permasalahan lainnya dibagian ADM. Manager teknis, meliput; keikutsertaan dalam uji profisiensi/uji banding sesuai SNI 17025:2017, evaluasi kalibrasi ekternal, evaluasi program jaminan mutu hasil uji pengujian, dan program peningkatan dan evaluasi sasaran mutu terkait teknis, dan Manager mutu, meliputi; evaluasi hasil kaji ulang managemen sebelumnya, rekapan kaji ulang dokumen tahun sebelumnya, evaluasi audit internal/eksternal bila ada, evaluasi program kerja laboratorium tahun berjalan, rencana kegiatan laboratorium tahun berikutnya, evaluasi penilaian hasil kuisioner/kepuasan pelanggan, dan lainnya.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment