Sun, May 19, 2024
Rapat Kordinasi Penilaian Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH)

Mamuju – Senin 13 Maret 2023, bertempat di Hotel Meganita Jl. Pattalunru No. 4 Mamuju Sulawesi Barat, dilaksanakan rapat Penilaian Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) kegiata Pabrik Pengelolaan Kelapa Sawit dan Inti Kelapa Sawit/Kernel Crushing Plant (KCP) yang berlokasi di Desa Kasano dan Desa Bulu Parigi kecamatan Baras Kabupaten Pasang Kayu oleh PT. Palma Sumber Lestari.

Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup, yang selanjutnya disingkat DELH, adalah dokumen yang memuat pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup yang merupakan bagian dari proses audit lingkungan hidup yang dikenakan bagi usaha dan/atau kegiatan yang sudah memiliki izin usaha dan/atau kegiatan tetapi belum memiliki dokumen amdal. Penyusunan DELH ini di lakukan untuk memenuhi ketentuan pasal 86 peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dalam Kegiatan rapat Evaluasi DELH ini yang bertindak selaku pimpinan rapat adalah Kabid Penataan dan Penaatan PPLH, Abdul Syahid Hasan, S.Sos., M.Si. Dan dibuka langsung oleh kepala Dinas Lingkunga Hidup Provinsi Sulawesi Barat H. Zulkifli Manggazali, SE., M.Si, dalam sambutanya, beliau berharap bahwa Pembangunan Industri Kelapa Sawit di Kabupaten Pasangkayu ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan dan Peningkatan perekonomian masyarakat di Sulawesi Barat Khususnya di Kab. Pasangkayu.

Adapun maksud dari di selenggarakannya kegiatan rapat Penilaian DELH Industri Pengelolaan kepala Sawit yang telah disusun oleh pemrakarsa ialah untuk menjadi acuan dalam menetapkan rencana pengelolaan dan pemrakarsa dalam pelaksanaan kegiatannya dan dilaporkan secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Selain Tim DLH Prov Sulbar, Undangan peserta rapat lainnya berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulbar terkait, OPD terkait Kab. Pasangkayu, Camat Baras, Kepala Desa Kasano,Kepala Desa Buluparagi, serta Wakil Masyarakat pemilik lahan Land Aplikasi yang mewakili2 Desa tersebut. 

Galerry :

0 Comments

Leave a Comment