Sun, May 19, 2024
DLH Prov.Sulbar Memberikan Edukasi dan Pendampingan terkait Persampahan kepada mahasiswa Stikes Bina Bangsa Majene.

Mamuju, 28 Desember 2023. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, H. Zulkifli Manggazali, Se, M.Si,  melakukan edukasi terkait pengelolaan lingkungan khususnya tentang pengelolaan sampah kepada sejumlah Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Bangsa Majene (STIKES BBM Majene). Hal ini merupakan bagian dari program kegiatan Praktek Kerja Lapangan oleh mahasiswa STIKES BBM Majene yang dilaksanakan di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat mulai tanggal 5 Desember sampai dengan 30 Desember 2023.

Pada kegiatan ini, mahasiswa akan melakukan kunjungan ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Adiadi Kabupaten Mamuju yang terletak di Desa Botteng Utara Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju dan Bank Sampah Induk Manakarra Keren milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Mamuju.

Dengan dilakukannya kunjungan lapangan ini diharapkan dapat membuka wawasan para mahasiswa terkait kondisi TPA sehingga dapat menimbulkan kesadaran utamanya dalam hal pengelolaan sampah dimulai dari sumbernya yakni dimulai dari rumah. Disamping itu, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap kelestarian lingkungan dan para mengetahui bahwa sampah-sampah yang selama ini ada di TPA sebagian besarnya masih bisa dimanfaatkan kembali atau masih memiliki nilai ekonomi, misalnya sampah botol plastic, kemasan/botol sabun-shampoo-skincare, kardus, kertas bekas, kemasan minuman kaleng dan lain sebagainya yang bisa ditabung di bank sampah terdekat. Sehingga dapat mengurangi timbunan sampah di TPA dan dapat memperpanjang umur pemakaian TPA.

Pada kesempatan ini, mahasiswa juga melakukan kunjungan ke Bank Sampah Induk Manakarra Keren milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Mamuju yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Karema Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju. Disini mahasiswa mendapatkan edukasi terkait jenis-jenis sampah terutama yang masih memiliki nilai ekonomi dan dapat di tabung di bank sampah. Di sini juga mahasiswa diperlihatkan beberapa kerajinan dari daur ulang sampah plastic seperti vas bunga dari kaleng minuman soft drink dan botol bekas, tempat tissue dari kertas Koran bekas, baju bodo dari karung bekas, pot dari tutup botol plastic dan ecobrick.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment