Tue, May 21, 2024
Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Tim Pengerak PKK

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat bekerja sama dengan Tim Pengerak PKK Sulbar mengadakan Pelatihan Pengelolaan Sampah Tim Penggerak PKK yang tahun ini digelar oleh DLH Prov Sulbar pada hari Rabu, 13 Maret 2024 bertempat di Kelurahan Pasangkayu Kab. Pasangkayu untuk diberikan arahan dan Pelatihan tentang bagaimana cara Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang baik dan benar.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulbar,  H. Zulkifli Manggazali didampingi oleh Kepala Bidang Persampahan Prov. Sulbar Afdal Mahyudin, Kepala Bidang Persampahan DLH Kab. Pasangkayu Aswan Azis dan Ketua Bidang III TP PKK Sulbar Ny. Asiarni Natsir .

Dalam sambutannya, Kadis DLH Sulbar H. Zulkifli Manggazali yang menyampaikan bahwa Pola kumpul-angkut-buang merupakan ciri khas pengelolaan sampah yang meniadakan benefit ekonomi dalam urusan sampah. Maka perubahan paradigma pengelolaan sampah dari kumpul-angkut-buang menjadi hindari-batasi-pilah-olah dan proses akhir menjadi kebutuhan  Kita bersama sehingga urusan sampah bukan lagi sumber polusi dan perusak lingkungan yang mengancam kelestarian lingkungan tetapi urusan sampah harus memberi manfaat lingkungan social dan ekonomi secara bersamaan.

serta tak lupa menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh peserta yang sudah meluangkan waktu dan kesempatannya untuk hadir dalam Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Tim Penggerak PKK ini. semoga bermanfaat dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, memilah sampah dari sumber atau dari rumah dimana sampah organic bisa menghasilkan kompos sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Setelah dipilah sampah nonorganik dapat digunakan sebagai bahan baku  dalam membangun sirkular ekonomi  melalui Bank Sampah atau TPS3R,sehingga  mengurangi  timbulan sampah yang masuk ke TPA  berakibat menghasilkan emisi GRK yang dapat menipiskan lapisan ozon di atmosfir bumi bisa dicegah, Tutupnya.

Para peserta yang terdiri dari ibu-ibu darma wanita, PKK, Lurah, Pengelola bank Sampah kab. Pasangkayu dan para undangan sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihanpengelolaan sampah tersebut. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta Pelatihan kepada narasumber tentang manfaat mengelola dan memilah sampah rumah tangga. Dalam kegiatan tersebut juga di berikan bantuan berupa 2 Tong komposter yang di serahkan langsung oleh Kadis DLH dan Perwakilan Tim Penggerak PKK Sulbar untuk tim Pengerak PKK Kab Pasangkayu.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment