Sun, May 19, 2024
Kegiatan Bank Sampah Unit Malaqbi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat

Kegiatan Bank Sampah Unit Malaqbi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat

Bank sampah adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk ikut berperan aktif di dalamnya. Bank sampah akan menampung, memilah dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar (pengepul/lapak) sehingga masyarakat mendapatkan keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat memiliki Bank Sampah Unit yaitu BSU Malaqbi. Kegiatan operasional BSU Malaqbi yaitu menerima sampah dari nasabah kemudian ditimbang, dicatata kemudian dipilah. Setelah sampah terkumpul banyak, sampah kemudian dibawah ke BSI Manakarra keren. Bank sampah unit malaqbi melakukan pengantaran sampah terpilah ke Bank Sampah Induk Manakarra Keren pada hari selasa tanggal 30 agustus 2023 bersama pengurus/anggota bank sampah unit malaqbi..

Adapun manfaat dari Program Bank Sampah itu sendiri adalah, mengurangi jumlah sampah  di lingkungan masyarakat, menambah penghasilan bagi  masyarakat, menciptakan lingkungan yang bersih dan  sehat serta memupuk kesadaran diri masyarakat akan pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan hidup.

Hal ini menjadi salah satu alternatif untuk memecahkan masalah sampah dan sekaligus ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan yang pada akhirnya berdampak baik untuk bumi ini. Sekecil apa pun yang kita lakukan untuk bumi ini, pasti akan berdampak besar bagi kelangsungan bumi itu sendiri.  

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment