Sun, May 19, 2024
DLH Sulbar Survei Lokasi Penanaman Mangrove di Desa Buku, Mapilli sebagai Upaya Mitigasi Perubahan Iklim.

POLMAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulbar melakukan survei penanaman mangrove di Desa Buku Kecamatan Mapilli sebagai upaya mitigasi perubahan iklim,  baru-baru ini. Diketahui, mangrove atau hutan bakau dikenal sebagai penahan abrasi terhadap tsunami .

Kepala DLH Sulbar, Zulkifli Manggazali bersama Kabid. Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Alexander Bontong dan Ketua Pemerhati Lingkungan Laut Biru, Putra melakukan survei lokasi di areal penanaman mangrove Desa Buku, Kecamatan Mapilli, Polman. Survei tersebut bertujuan untuk mengetahui lokasi, luasan serta jenis mangrove yang sesuai dengan subtrak yang berada di lokasi rencana penanaman mangrove.

” Kami berharap dengan adanya kegiatan penanaman mangrove tersebut sebagai upaya mitigasi perubahan iklim sehingga dapat menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca , serta sebagai tempat berkembangbiaknya ikan dan Kepiting yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” kata Zulkifli.

Selanjutnya, sambung Zulkifli, masyarakat yang nantinya didampingi Pemerhati Lingkungan Laut Biru diharapkan untuk segera mulai melakukan pembibitan mangrove sebanyak 1.300 batang untuk ditanaman di lahan seluas 1 Ha dan Cadangan bibit untuk Kegiatan Penyulaman.

Berdasarkan Data dari BPDAS Karama Luas Luas Mangrove Eksisting Berdasarkan Tingkat Kerapatan Provinsi Sulawesi Barat seluas 3.523,42 Ha, dimana seluas 278,30 Ha berada di Kabupaten Polewali Mandar. 

0 Comments

Leave a Comment