Tue, May 21, 2024
Atasi Permasalahan Sampah, DLH Sulbar  berkoordinasi dengan DLH Kab. Majene

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup Sulbar telah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majene terkait isu lingkungan yaitu tumpukan sampah yang ada di pasar sentral Majene yang menumpuk & mengeluarkan aroma busuk dimana dari permasalahan tersebut sangat mengganggu aktifitas Masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulbar, H. Zulkifli Manggasali mengatakan, dari hasil koordinasi tersebut Kadis DLH kab. Majene H.Inindria, SE, M.Si menyampaikan bahwa kemarin (kamis/11/04/24) telah melakukan pemantauan di lokasi pasar sentral Majene dan hari ini (Jumat/12/04/24) dilakukan pembersihan oleh tim DLH kab.Majene untuk pengangkutan sampah yg ada di lokasi Pasar Sentral Majene.

kadis DLH kab.Majene H.Inindria, dalam tanggapannya Lebih lanjut menjelaskan bahwa mereka terkendala di waktu yang bersamaan dengan waktu libur lebaran dimana tim pengangkut sampah banyak yg sedang tidak berada di lokasi dan baru bisa di maksimalkan di dua hari setelah lebaran tepatnya di hari ini untuk pembersihannya.

Terkait permasalahan sampah, ini hanya bisa diatasi jika semua pihak dapat berperan aktif khususnya masyarakat,” tegas Zulkifli. “Langkah konkret yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengurangan dan pemilahan sampah mulai dari skala rumah tangga, khususnya upaya dalam pengurangan sampah plastik,” ucapnya. 

Kepala DLH Sulbar H. Zulkifli mengatakan “permasalahan sampah yang ada di pasar sentral majene akan diatasi dengan melakuka penyuluhan dan memberi edukasi kepada para pedagang dan pengunjung pasar sebagai langkah awal tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik”
Beberapa cara pengelolaan sampah yang baik yaitu selalu memisahkan tempat sampah yang organik maupun yang non-organik dan juga memisahkan sampah yang kering agar dapat di daur ulang karena apabila digabung akan kotor dan juga bau. Serta meminimalisir atau mengurangi penggunaan penggunaan sampah plastic dan sebagainya.

Kepala DLH Sulbar juga berharap dengan dilakukannya penyuluhan serta pembinaan antar pedagang, masyarakat, dan pemerintah dengan adanya tahap pengelolaan sampah modern terdiri dari 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Pengelolaan dengan konsep 3R ini bertujuan untuk mengurangi sampah sejak dari sumbernya, mengurangi pencemaran lingkungan, memberikan manfaat kepada masyarakat, serta dapat mengubah prilaku masyarakat terhadap sampah. Serta Perlu adanya penambahan personal petugas kebersihan dan penambahan peralatan kebersihan serta dengan pembagian frekuensi pelayanan, pengumpulan dan penggunaan kendaraan pengangkutan sampah secara efektif dan efisien serta peningkatan pemeliharaan alat.

0 Comments

Leave a Comment