Sun, May 19, 2024
Sosialisasi Swakelola Rehabilitasi Lahan dengan Tanaman Produktif

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Swakelola Rehabilitasi Lahan dengan Tanaman Produktif yang dilaksanakan di 2 desa yaitu Desa Betteng, Kec. Pamboang, Kab. Majene pada tanggal 24 Juli 2023 dan Desa Alu, Kec. Alu, Kab. Polewali Mandar pada tanggal 25 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, Bapak. H. Zulkifli Manggazali, SE, M.Si, Kabid. Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Pejabat Fungsional Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Desa Betteng, Kepala Desa Alu dan para kelompok tani.

Pengendalian kerusakan lingkungan merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Permen LHK nomor 27 Tahun 2021 Tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup IKLH ini menggambarkan kualitas lingkungan hidup dalam suatu wilayah dimana salah satu indicator perhitungan adalah indeks kualitas tutupan lahan (IKTL) yang didapatkan dari tutupan hutan baik dalam kawasan maupun di luar Kawasan Hutan, Hutan Kota, Ruang Terbuka Hijau dan Tutupan Vegetasi lainnya.

Kegiatan rehabilitasi lahan dengan tanaman produktif bertujuan untuk menambah tutupan lahan pada daerah terdegradasi yang tadinya kritis menjadi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan (bernilai ekonomis), kayu, menyerapp karbon, menghasilkan air bersih dan meningkatkan keanekaragaman hayati serta dapat mencegah banjir dan tanah longsor. Penanaman tanaman produktif ini diharapkan menjadi solusi bagi lingkungan dan masyarakat karena tanaman produktif ini dapat bernilai ekonomis dan perakarannya yang dalam mampu mencegah erosi, banjir dan tanah longsor.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment