Sun, May 19, 2024
Rapat Pemeriksaan Dokumen PENGELOLAAN LINGKUNGAN (DPLH) Operasional Daerah Irigasi Mambi Kab. Mamasa

Mamuju, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat melakukan Rapat Penilaian Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Operasional Daerah Irigiasi Mambi di Kecamatan Mambi Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawsi Barat oleh Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Barat.

Rapat diselenggarakan pada Hari Kamis, 14 Desember 2023.  Bertempat di Hotel Cempaka, Jl.Soekarno Hatta Mamuju Sulawesi Barat, dimulai Pukul 09.00 Wita – selesai. Acara dibuka oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Zulkifli Manggazali, SE, M.Si. Selanjutnya rapat pemeriksaan dokumen dipimpin oleh Kabid Penataan dan Penaatan PPLH, Abdul Syahid Hasan, S.Sos., M.Si.  

Sesuai dengan ketentuan Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 dinyatakan bahwa setiap rencana usaha dan/atau kegiatan yang berdapak terhadap lingkungan hidup, wajib memiliki Amdal, UKL-UPL atau SPPL.

Berdasarkan hasil penapisan mandiri oleh pemrakarsa bersama dengan tim konsultan dan telah diverifikasi oleh sekretariat pada Dinas Lingkungan Hidup Daerah, Daerah Irigasi Mambi yang sudah terbangun sejak tahun 2015 seluas 1.007,20 hektar, sawah fungsional 744,95 hektar dan sawah potensial seluas 262,25 hektar, merupakan kegiatan yang wajib menyusun DPLH.

Pertemuan ini dimaksudkan untuk melakukan Pemeriksaan DPLH Operasional Daerah Irigasi Mambi yang telah disusun oleh pemrakarsa dan sekaligus menjadi acuan dalam menetapkan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup sebagai kewajiban bagi Pemrakarsa dalam pelaksanaan kegiatannya dan dilaporkan secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Pembangunan Daerah Irigasi sangat penting untuk mendukung peningkatan potensi pangan didaerah khususnya daerah dengan pola bertani dengan sistem tadah hujan. Dengan adanya pembangunan irigasi yang dapat mengairi sawah seluas 1.007,20 hektar, pola sistem panen masyarakat yang awalnya hanya sekali setahun bisa menjadi 2 – 3 kali setahun, yang artinya dapat meningkatkan produksi pangan sampai 100%.

Namun demikian, operasional Daerah Irigasi Mambi ini perlu di telaah dari sisi lingkungan hidup agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga serta untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan terhadap manusia dan lingkungan hidup.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment