Sun, May 19, 2024
SOSIALISASI PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN UNTUK KEMANDIRIAN PANGAN DI LOKASI PROKLIM

Mamuju Tengah – Dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat di lokasi Program Kampung Iklim, Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulbar melaksanakan sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk kemandirian pangan. Sosialisasi ini dilaksanakan di Lingkungan Sese Tengah Kab. Mamuju pada tanggal 6 Mei 2024. Kegiatan ini dibuka langsung oleh  Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Alexander Bontong, mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulbar dan dihadiri oleh Kabid. Pengelolaan sampah, Limbah B3 dan peningkatan Kapasitas, Afdal Mahyuddin,  kepala lingkungan Sese Tengah, Najamuddin dan masyarakat setempat.

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Upaya mitigasi dapat dilaksanakan dengan melakukan pengelolaan terhadap sumber-sumber penghasil gas rumah kaca melalui kegiatan pengelolaan sampah tingkat local, pengelolaan air limbah skala local, membangun budaya lokal yang hemat energi dan penghijauan skala local melalui pemanfaatan lahan pekarangan untuk penghijauan.

Dalam sambutannya Alexander mengatakan “lahan pekarangan merupakan lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Lahan ini jika dipelihara dengan baik akan memberikan lingkungan yang menarik, nyaman dan sehat, sehingga membuat kita betah tinggal di rumah. Pekarangan rumah dapat dimanfaatkan sesuai dengan selera dan keinginan kita. Misalnya dengan menanam tanaman produktif seperti tanaman hias, buah, sayuran, rempah-rempah dan obat-obatan”. Dengan menanam tanaman produktif di pekarangan akan memberi keuntungan ganda, salah satunya adalah kepuasan jasmani dan rohani dan juga dapat membantu ketersediaan bahan pangan di rumah.

Melalui kegiatan ini diharapkan partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi gas rumah kaca nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment