Sun, May 19, 2024
Hari Lingkungan Hidup Sedunia Pemprov Sulbar 2023 “ Solusi Untuk Sampah plastik” berpusat di Kab. Pasangkayu, Sulbar.

Bertemakan International Beat Plastic Pollution, yakni seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi Sementara , tahun ini Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengusung tema nasional yaitu “ Solusi untuk sampah Plastik”.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan penyelamatan lingkungan.

Tahun 2023 ini, Pemprov. Sulbar merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Hari Senin, Tanggal 5 Juni 2023 di Tanjung Bakau areal PT Tanjung Sarana Lestari (TSL) merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Group Area Celebes 1 di Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar.

PJ Gubernur Zudan Arif Fakrulloh beserta Kepala P3A KLHK Regional Sulawesi dan Maluku mewakili Direktur Jenderal (Dirjen) KLHK, di sambut oleh Bupati Sasangkayu Yaumil Ambo Djiwa.

Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulbar sebagai penggerak kegiatan ini menunjuk Kab. Pasangkayu sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia berdasarkan kesepakatan pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilaksanakan secara bergilir di semua Kabupaten di Sulawesi Barat.

Perayaan HLH 2023 , turut dihadiri oleh (Pj) Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, Bupati Yaumil Ambo Djiwa & Wakil Bupati Pasangkayu Herny Agus, serta mewakili Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kemeneterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3A) KLHK Regional Sulawesi dan Maluku, Darhamsyah, dan para undangan terkait lainnya.

Gubernur Sulbar dan rombongan di sambut Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa didampingi Wakil Bupati Herny Agus, Forkopimda Pasangkayu, jajaran manejemen PT Astra Agro Lestari Group Area Celebes 1, para OPD serta pemerhati lingkungan.

Laporan Ketua Panitia dalam hal ini Kadis Lingkungan Hidup Daerah Prov. Sulbar, H. Zulkifli Manggazali, SE, M.Si dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut andil dan berkontribusi dalam terlaksananya kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 yang di laksanakan di Kab. Pasangkayu ini. Ditambahkan juga, telah diraih beberapa penghargaan baik ditingkat provinsi maupun nasional, diantaranya Penyerahan piagam penghargaan nasonal bidang lingkungan hidup berupa :

A. Sertifikat peringkat kinerja perusahaan (proper) Periode penilaian tahun 2021-2022 kepada 9 Perusahaan :

  1. PT. Pltu rekind daya mamuju.
  2. PT. Manakarra unggul lestari (pks) di tommo kab. Mamuju
  3. PT. Semen tonasa mamuju
  4. PT. Surya raya lestari ii (pks) kab. Mamuju tengah.
  5. PT. Letawa (pks) kab. Pasangkayu.
  6. PT. Pasangkayu (pks) kab. Pasangkayu
  7. PT. Surya raya lestari i (pks) di kab. Pasangkayu
  8. PT. Unggul widya teknologi lestari agri baras (pks) kab. Pasangkayu
  9. PT. Unggul widya teknologi lestari (pmks) baras Kab. Pasangkayu.

B. Piagam / tropy program kampung iklim (proklim) tingkat nasional kepada 12 kelompok tingkat dusun / desa / kelurahan masing-masing :

  1. Dusun rantepasang desa balla kab. Mamasa.
  2. Desa karampuang kab. Mamuju
  3. Dusun bumi jaya kab. Pasangkayu
  4. Dusun iv lutang desa alu kab. Polewali mandar.
  5. Dusun posi padang desa balla kab. Mamasa.
  6. Desa bababulo utara kab. Majene.
  7. Lingkungan taroe kelurahan batu panga kab. Polewali mandar.
  8. Desa banua baru kab. Polewali mandar.
  9. Dusun tulung agung kab. Polewali mandar.
  10. Dusun iv kemiri desa kebun kab. Polewali mandar.
  11. Desa bonde kab. Majene
  12. Desa lambanan kab. Polewali mandar.

C. Piagam penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023 kepada 3 sekolah masing-masing :

  1. SD negeri 030 Binuang Kab. Polewali Mandar
  2. SD negeri 039 Manding Kab. Polewali Mandar
  3. SMP Negeri 5 Polewali Kab. Polewali Mandar
Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh

Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutan ucapkan salam hormat dan semoga sekalian yang hadir dalam keadaan sehat selalu. “Intinya satu, mari mencari solusi sampah plastik ini. Ibu Menteri LHK meminta kita semua dalam menangani sampah plastik ini dengan mencari solusinya,” ucapnya.

Ia mengajak mengumpulkan sampah plastik dengan membuat Bank Sampah untuk dijadikan komoditas bernilai ekonomis yang di koordinir oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Mari kita bergerak menjaga bumi kita dari sampah khususnya plastik. Kita hidup di bumi ini, di planet ini untuk selalu menjaganya dengan melestarikan lingkungannya,” dan menyatakan untuk terus bergerak bersama menyelamatkan planet ini dan kita bersama-sama menjaga kelestariannya.

Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa

Ditambahkan, Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa berterima kasih atas dilaksanakannya Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Pasangkayu dan kepada seluruh pihak pemkab dan perusahaan yang telah berkontribusi dalam program Pasangkayu Jumat Berbenah, mencakup aktivitas menanam pohon dan menjaga kebersihan lingkungan. Bupati Yaumil mengatakan, program ini akan dijalankan setiap Jumat oleh jajaran pemkab hingga tingkat desa dengan menanam pohon demi menjaga kelestarian lingkungan, meningkatkan kesadaran, dan kepedulian setiap individu untuk melindungi lingkungan sekitar.

Adapun Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sulawesi Barat tahun 2024 akan dilaksanakan di Kab. Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment