Tue, May 21, 2024
Sosialisasi Program Pendampingan Gerakan PBLHS yang dilaksanakan di Kab. Pasangkayu
Pemaparan gerakan PBLHS

           Sebagai payung hukum yang mengarahkan teknis pelaksanaan Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS) telah dimuat dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.52/MENLHK/ SETJEN/KUM.1/9/2019 Tentang Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup Di Sekolah, sedangkan untuk memberikan apresiasi terhadap sekolah yang telah berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup diberikan penghargaan Adiwiyata yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9 /2019 Tentang Penghargaan Adiwiyata.

          Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh Sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

           Sehubungan dengan ketetuan tersebut, maka Tim PBLHS Prov.Sulbar yang di naungi Bidang Persampahan, Limbah B3 & Penigkatan Kapasitas LH Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat mengadakan Sosialisasi kembali di Kab. Pasangkayu pada Kamis, 16 Juni 2022 untuk kembali mengusulkan calon sekolah Adiwiyata atau yang sekarang di sebut dengan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) pasca 2 Tahun tidak berjalannya Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) di karenakan Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh Dunia tak terkecuali di Sulawesi Barat sendiri. Diharapkan dengan sosialisasi ini kedepannya  Kab. Pasangkayu bisa lebih semangat untuk mengantarkan sekolah binaanya ke tingkat Adiwiyata Nasional maupun Adiwiayat Mandiri.        

           Adapun, setelah meninjau sebagian kecil sekolah yang akan di ajukan/diusulkan oleh kab. Pasangkayu memang masih terdapat sedikit banyak yang perlu untuk di tingkatkan lagi agar dapat maju ke tingkat Nasional maupun Mandiri. Di harapkan peran serta pemerintah daerah Kab.Pasayangkayu serta warga sekolah baik Guru maupun Siswa-siswi dan masyarakat sekitar sekolah untuk mendukung gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) ini agar mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa mewujudkan penerapan perilaku ramah lingkungan hidup oleh warga sekolah dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekolah, lingkungan hidup sekitarnya dan daerah.

 

Gallery Kegiatan :

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment