Sun, May 19, 2024
Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Inventarisasi Gas Rumah Kaca, Verifikasi & Registri Melalui Penginputan Data ke Sign Smart dan SRN tingkat Pro.Sulbar

Mamuju – Dinas Lingungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Inventarisasi Gas Rumah Kaca, Verifikasi dan Registri Melalui Penginputan Data ke Sign Smart dan SRN tingkat Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 07 November 2023 yang bertempat di Ruang pertemuan Bappeda Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan ini diinisiasi oleh Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas para operator Inventori GRK dan Registri SRN dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan Iklim di Provinsi Sulawesi Barat.

Hadir membuka acara pada kesempatan ini yakni Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi, bapak Beny Ahadian Noor, S.Hut yang menyampaikan komitmen penuh Indonesia untuk upaya Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca sebesar 31,89% dengan usaha sendiri dan 43,20 % dengan bantuan pihak Luar Negeri. Disampaikan pula mengenai kewajiban Pemerintah Daerah untuk melaporkan inventori GRK nya setiap tahun yakni Bupati/Walikota melaporkan Inventori GRK Kabupaten/Kota kepada Gubernur paling lambat setiap bulan Maret dan Gubernur melaporkan Inventori GRK nya paling lambat bulan Juli kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Turut hadir pula Plh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat yakni Bapak Abd. Syahid Hasan, SE, M.Si yang dalam kesempatan ini membawakan pidato sambutan/arahan dan Materi mengenai Kebijakan Inventarisasi Gas Rumah Kaca di Provinsi Sulawesi Barat. Juga, tim dari Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim dan Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca & MPV Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK yang hadir sebagai narasumber dengan materi terkait kebijakan dan system pelaporan Inventori Gas Rumah Kaca sector Energi, Pertanian, Kehutanan, Limbah dan IPPU (Industial Proscess and Production Use) pada aplikasi Sign Smart dan Registri Upaya mitigasi adaptasi perubahan iklim pada aplikasi SRN.

Peserta pada kegiatan ini yakni seluruh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan se Provinsi Sulawesi Barat, Badan Perencana Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Barat dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sulawesi Barat.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment