Tue, May 21, 2024
DLH Sulbar Himbau Mudik Minim Sampah

Mamuju – Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) No : SE.5 tahun 2024 Tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idul Fitri 1445H, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Barat mengajak seluruh masyarakat, terutama pemudik dalam menyambut momentum mudik lebaran tahun ini, untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan meminimalisir penggunaan sampah plastik. Bertemakan “Mudik Minim Sampah”.

Mudik lebaran tahun ini, yang bertepatan dengan tahun 1445 Hijriah, menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun, Kepala Dinas Lingkunan Hidup Prov. Sulbar H. Zulkifli Manggazali menekankan bahwa perjalanan tersebut bukan hanya sekedar berkumpul dengan keluarga, tetapi juga kesempatan untuk memberikan kontribusi nyata dalam menjaga lingkungan. Dia menyarankan pemudik untuk membawa botol minum dan tas belanja yang dapat digunakan berulang kali sebagai langkah sederhana namun berarti dalam meminimalisir sampah plastik. Sesuai dengan himbauan tersebut berdasarkan surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) No : SE.5 tahun 2024 Tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idul Fitri 1445H yang di terbitkan kepada masing-masing daerah se-indonesia yang mengimbau kepada para pemudik untuk melaksanakan mudik sambil aktif mengurangi sampah, salah satunya membawa kantong belanja dan botol minuman sendiri untuk menekan timbulan sampah plastik sekali pakai.

Kepala DLH Prov. Sulbar juga menghimbau kepada para pengelola tempat keberangkatan pemudik seperti terminal bus, pelabuhan, bandara dan rest area untuk menambah sarana dan prasarana pengelolaan sampahnya dengan tujuan agar sampah terkelola dengan baik dan pemudik nyaman.
“Selain itu, kami juga akan berkoordinasi dengan seluruh DLHK Kabupaten Se-Sulbar memantau pelaksanaan pengumpulan sampah dengan cara berkeliling dengan menjemput sampah dalam wadah terpilah. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kesulitan bagi para pemudik dalam membuang sampah terutama akibat antrian kendaraan di rest area atau tempat keberangkatan” lanjutnya.

Dalam ajakan ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Sulbar berharap agar semua pemudik memahami pentingnya peran individu dalam menjaga kelestarian lingkungan, baik di tempat asal maupun tujuan mudik. Dengan mengambil langkah-langkah praktis, seperti mengurangi, memilah, dan mendaur ulang sampah plastik, diharapkan mudik tahun ini akan menjadi lebih berkesan, tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi alam dan generasi mendatang. Ajakan ini juga diharapkan menjadi langkah awal menuju perubahan perilaku yang lebih berkelanjutan dalam penggunaan plastik.

Diharapkan perjalanan mudik tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengurangi sampah yang berserakan.

0 Comments

Leave a Comment