Tue, May 21, 2024
Jelang Idul Fitri, DLHK Minta Pemkab Lakukan Pengendalian Sampah Warga Diminta Sadar Kebersihan

MAMUJU – Pemerintah Provinsi Sulbar melalui Dinas Lingkungan Hidup meminta agar pemerintah kabupaten melakukan antisipasi pengendalian sampah jelang Idul Fitri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulbar H. Zulkifli Manggasali mengatakan , imbauan tersebut dikeluarkan sesuai arahan Pj Gubernur Sulbar,  Prof Zudan Arif Fakrulloh dan imbauan yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar pemerintah daerah (pemda) dapat mengantisipasi timbulan sampah tambahan dampak aktivitas mudik dan Lebaran 2024.

“Mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah jelang lebaran dan mudik telah berkoordinasi dengan Pemerintah kabupaten seperti kabupaten Mamuju, agar melakukan pengendalian,” kata Zulkifli.

Ia menjelaskan, penumpukan sampah biasa terjadi akibat sampah makanan dan setalah shalat id.

Sehingga pihaknya telah meminta untuk mempersiapkan personil melakukan pembersihan di tempat ibadah. Petugas yang ada pun nantinya akan bekerja maksimal.

“Selain itu, diimbau kepada masyarakat agar ketika melaksanakan shalat id dapat memperhatikan sampah, Jangan menggunakan barang habis pakai, warga bisa mengunakan karpet atau bahan lainnya ketika melaksanakan shalat id,” ucapnya.

Ia menekankan, agar momentum ramadhan ini dapat menjadi momentum untuk semakin sadar terhadap kondisi lingkungan. Sekaligus kesadaran agar pentingnya menjaga kebersihan.

0 Comments

Leave a Comment