Sun, May 19, 2024
Aksi bersih-bersih pantai arteri mamuju berkolaborasi dengan DLH kab. Mamuju, BPJN Sulbar & Komunitas Ampas Mamuju

MAMUJU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanan aksi bersih-bersih pantai di Pantai Arteri Mamuju, Jumat, 12 Januari 2024. Kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan aksi kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup Prov Sulbar, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kab. Mamuju, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulbar dan Komunitas Angkatan Muda Pecinta Alam Sulawesi (AMPAS). Sebelumnya DLH telah melaksanakan kegiatan jumat bersih di sekitar kantor kemudian dilanjut aksi bersih-bersih pantai di arteri.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemrintah dan Komunitas masyarakat terhadap kelestarian pesisir pantai dan laut. Pantai Arteri Mamuju, selain menjadi destinasi wisata yang populer di Kab. Mamuju, juga menghadapi masalah serius terkait sampahplastik.

Dalam kegiatan ini, DLH Prov Sulbar, DLHK Kab. Mamuju, BPJN Sulbar dan Komunitas  AMPAS bekerja sama untuk mengumpulkan berbagai jenis sampah plastik, seperti botol plastik, kantong plastik, dan bungkus makanan serta sampah organik. Sampah-sampah tersebut kemudian dipilah dan dikumpulkan lalu diangkut ke TPA. Perkiraan sampah untuk mobil carry 1050 Kg dan untuk dump truck 3890 Kg sampai 6150 Kg. Total sampah yang terkumpul sebanyak 7 ton. Dari total 7 ton skitar 30kg yg masih bisa di kelola, selebihnya dibawa ke TPA dan didominasi oleh sampah organik. Total 35 kg sampah plastic yang sudah dipilah dan masih bisa di kelola. Dari komposisi sampah terdapat sampah plastic, kemasan makanan (multilayer), kosmetik bekas, botol kaca, ranting, kain dan popok bekas. Jenis sampah yang paling banyak ialah sampah popok dan sterefoam.

Selain membersihkan pantai, kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Kita harus  memberikan sosialisasi/penyuluhan kepada masyarakat khusunya para pedagang di sepanjang Arteri tentang dampak buruk yang ditimbulkan oleh sampah terhadap lingkungan pesisir pantai dan laut” kata Zulkifli

Kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu langkah positif yang dilakukan oleh pemerintah dalam menjaga kelestarian pesisir pantai dan laut. “Semoga melalui kegiatan ini, masyarakat lain akan terinspirasi untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama ke pesisir pantai dan laut” harapnya.

Dengan adanya partisipasi DLHK Kab. Mamuju, BPJN Sulbar dan Komunitas  AMPAS , diharapkan kegiatan bersih-bersih pantai semacam ini dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Hanya dengan kerjasama dan kesadaran bersama, kita dapat menjaga kelestarian pantai dan lingkungan laut untuk generasi yang akan datang.

Gallery :

..

0 Comments

Leave a Comment