Sat, Jun 22, 2024
Peringatan Hari lingkungan Hidup Sedunia 2021 Tingkat Provinsi Sulawesi Barat
Foto Bersama Tim DLH Prov. Sulbar bersama Bpk. Gubernur dan Sekda Prov. Sulbar

Sambutan Gubernur Sulawesi Barat Bpk. Ali Baal Masdar

Gubernur Sulawesi Barat dalam sambutannya menyampaikan berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup, “Kab. Polman sendiri telah membuka kawasan kebun raya yang masih ada sampai saat ini, kalau ini terus digarap masyarakat akan terus berkembang”.

Peringatan HLH 2021 yang berlangsung di Kab. Polman ini di buka Oleh Gubernur Sulbar yang di hadiri oleh Sekda Prov Sulbar, dan beberapa pejabat Pemprov sulbar beserta undangan dan juga beberapa Pejabat dari kab. Polman serta masyarakat sekitar.

Dalam rangkaian acara memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia 2021 ini di lakukan Penanaman Pohon serta mengkampanyekan Restorasi Ekosistem sesuai tema HLH 2021 dirangkaikan dengan penyerahan Piagam penghargaan Desa Proklim Sulbar oleh Dinas LH Prov.Sulbar yang di serahkan langsung oleh Gubernur Sulbar, Sekda Prov Sulbar, Kadis DLH Prov. Sulbar dan Sekda Kab. Polman sebagai Tuan rumah diikut sertakan pelepas liaran Burung ke alam liar yang di prakarsai Balai Besar KSDA Sulsel.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia awalnya dibuat pada hari pertama Konferensi PBB yang berfokus pada interaksi manusia dan lingkungan hidup. Pada 1969, PBB setuju, setelah 3 tahun mereka akan mengadakan konferensi di Swedia yang berfokus pada masalah lingkungan. WED pertama kali dirayakan dengan slogan “Hanya Satu Bumi” (Only One Earth).

adapun tema untuk tahun ini yaitu Restorasi Ekosistem, menukil dari unep.org, dan Negara Pakistan akan bertindak sebagai tuan rumah global pada 5 Juni. Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 akan melihat peluncuran Dekade PBB tentang Restorasi Ekosistem.

World Environment Day atau WED 2021 dirayakan untuk memberi tahu orang-orang bahwa alam tidak boleh dianggap remeh dan harus dijaga. Pandemi virus corona COVID-19 yang menyebabkan orang-orang minim aktivitas dianggap menguntungkan bagi alam. Dengan tidak adanya aktivitas manusia di tengah lockdown yang disebabkan oleh virus corona, alam mendapatkan waktu untuk membersihkan diri.

Sambutan Kepala Dinas DLH Prov. Sulbar A. Aco Takdir, S.Sos, M.pd

Kadis Lingkungan Hidup Prov. Sulawesi Barat mengatakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Lingkup Sulawesi Barat setiap tahunnya digilir disetiap kabupaten sekaligus agar seluruh daerah bisa ditinjau secara langsung. Kadis Lingkungan Hidup Prov. Sulawesi Barat juga menitipkan pesan kepada masyarakat Kab. Polman untuk memperhatikan dan peduli lingkungan dengan ramah lingkungan.

Sambutan Bupati Polewali Mandar yang di wakili Oleh Sekda kab. Polewali Mandar Bpk. Ir. Bebas manggazali, M.Si

Dalam Sambutannya Sekda Kab. Polman menyebutkan untuk menjaga kelestarian kelangsungan sumber daya alam dan tujuan pembangunan perluasan lingkungan maka perlunya perlindungan sistem penyanggah kehidupan pemeliharaan keanekaragaman sumber daya alam, ekosistem yang ada dan pemanfaatan secara lestari sumber daya alam termasuk pemanfaatan sampah, ruang terbuka hijau perlu mendapat perhatian untuk menjada kesimbangan ekosistem dan antisipasi ini pada sejumlah daerah untuk menjadi perhatian bersama.

Dokumentasi Penerimaan Penghargaan ProKlim Tahun 2020 yang diserahkaan langsung oleh Gubernur, Sekretaris Daerah, dan Asisten II Prov. Sulawesi Barat
Foto Penyerahan Penghargaan oleh Gubernur Sulbar didampingi oleh Sekda Prov. Sulbar dan Kepala Dinas LH Prov. Sulbar sebagai Apresiasi Proklim kepada Kab. Polewali Mandar yang di terima langsung Oleh Sekda Kab.Polman
Penyerahan Paiagam penghargaan untuk desa Proklim

Berikut Lokasi ProKlim yang mendapatkan Penghargaan ProKlim Tahun 2020

  • Desa Adolang, Kab Majene Kategori ProKlim Utama Tahun 2019
  • Desa Kunyi, Kab Polman Kategori ProKlim Utama Tahun 2019
  • Lingkungan Lipu, Kab. Majene Kategori ProKlim Madya Tahun 2019
  • Desa Karampuang, Kab. Mamuju Kategori ProKlim Madya Tahun 2019
  • Desa Tondok Bakaru, Kab. Mamasa Kategori ProKlim Utama Tahun 2020
  • Lingkungan Ujung, Kab. Polman Kategori ProKlim Utama Tahun 2020
  • Dusun Cendana Desa Kaleok, Kab. Polman Kategori ProKlim Utama Tahun 2020
  • Dusun Mahahe, Kab. Mamuju Tengah Kategori ProKlim Utama Tahun 2020
  • Dusun Galung Paara Desa Pamboborang, Kab. Majene Kategori ProKlim Madya Tahun 2020
  • Dusun Kappung Toa Desa Bonra, Kab. Polman Kategori ProKlim Madya Tahun 2020
  • Dusun Bajoe Desa Rea, Kab. Polman Kategori ProKlim Madya Tahun 2020
Penyerahan Cendramata Oleh Sekda Prov. Sulbar Bpk. Dr. Muh. Idris DP kepada Gubernur Sulbar Bpk. Ali Baal Masdar
Pelepas liaran Burung berkicau di alam bebas
Penanaman Pohon oleh Bpk. Gubernus Sulawesi Barat

Penanaman Pohon Oleh Kepala Dinas LH Prov.Sulbar beserta TIM

Pada Pelaksanaan HLH 2021 di Kab. Polewali Mandar ini berjalan dengan lancar juga tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

0 Comments

Leave a Comment