Sat, Jun 22, 2024
KEGIATAN SAMPLING OLEH UPTD LABORATORIUM LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROV. SULBAR

Mamuju, – UPTD Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup melakukan kegiatan Sampling Kualitas Air dan Udara Ambient CV. Karya Musyawarah, pada Tanggal 30 April s/d 01 Mei 2024 Januari 2024 Di Kab. Mamasa.

Kegiatan kegiatan Sampling Kualitas Air dan Udara dilaksanakan berdasarkan surat permohonan dari CV. Karya Musyawarah ke Dinas Lingkungan Hidup Sulbar melalui UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi perihal Permohonan Pengujian Lingkungan tahap I, Nomor :014/CV.KM/UJILH/III/2024.

Udara merupakan salah satu faktor yang mempunyai peranan penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Pengelolaan kualitas udara dan pengendalian pencemaran udara perlu dilakukan untuk menjaga fungsinya dan mempertahankan kelestarian serta keberlangsungan kehidupan. Dalam rangka upaya Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat melalui UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Sulbar telah melakukan kegiatan Sampling Kualitas Air dan Udara Ambient CV. Karya Musyawarah di Desa sindagamanik, kec Tandukkalua Kabupaten Mamasa.

Informasi kualitas udara yang diperoleh dari kegiatan pemantauan kualitas udara sangat bermanfaat dalam upaya pengelolaan kualitas udara dan pengendalian pencemaran udara. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencemaran udara maka diperlukan pemantauan kualitas udara ambien. Tujuan dari pekerjaan ini adalah : 1) Monitoring sekaligus mengetahui kualitas udara ambien yang ada di 2 wilayah tersebut, 2) Mengetahui tingkat pencemaran melalui perhitungan indeks pencemaran udara, dan 3) Mengumpulkan data kondisi kualitas udara ambien di lokasi Proyek Penggantian Jembatan Sungai Kekkes-I oleh CV. Karya Musyawarah yang berlokasi di Desa sindagamanik, kec Tandukkalua Kabupaten Mamasa.

Metode yang digunakan dalam pekerjaan pemantauan kualitas udara ini adalah dengan melakukan pengambilan sampel udara dan kemudian dianalisis oleh laboratorium terakreditasi UPTD Laboratorium DLH Prov. Sulbar. Pengambilan sampel udara terdiri dari (Total Suspended Particulate (TSP), Getaran, Kebisingan titik sampling kualitas udara ambien selama 24 jam yaitu Kawasan Desa sindagamanik, kec Tandukkalua Kabupaten Mamasa.

Selain itu, kegiatan sampling air tanah juga dilakukan di lokasi yang sama. Kegiatan sampling air dilakukan dalam rangka upaya Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup. Pelaksanaan pemantauan rutin kualitas air tanah di Desa sindagamanik, kec Tandukkalua Kabupaten Mamasa. Sulawesi Barat yang berdekatan dengan pengambilan sampel udara, bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas air tanah di Desa sindagamanik, kec Tandukkalua Kabupaten Mamasa. Kabupaten Mamasa.

Galery :

0 Comments

Leave a Comment