Thu, Sep 19, 2024
DLH Sulbar full team dalam aksi Sepekan menanam Mangrove di Desa Lebani.

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat yang juga merupakan Koordinator kegiatan Penanaman Mangrove sepekan ini, menurunkan full team DLH Sulbar yang terdiri dari Kepala Dinas, Para Kabid, Para kepala UPTD serta semua jajaran staf ASN, P3K dan PTT yang ada di DLH Sulbar untuk ikut hadir mengambil bagian dalam kegiatan Aksi sepekan menanam Mangrove dalam rangka HUT Sulbar ke-20 yang di laksanakan di Pantai Batu Lombeng, Desa Lebani, Kabupaten Mamuju, pada hari Minggu 08 September 2024.

Sepekan menanam mangrove yang di mulai pada Tanggal 02 s/d 09 September 2024 merupakan salah satu item kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke -20 Tahun Provinsi Sulbar Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan seluruh unsur masyarakat, baik Pemda, instansi vertikal, TNI-Polri, swasta, pelajar, dan masyarakat.

Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari program strategis pemerintah daerah untuk memulihkan dan melestarikan ekosistem pesisir yang rentan terhadap kerusakan. Mangrove, yang dikenal memiliki fungsi penting dalam menjaga stabilitas garis pantai, menahan abrasi, serta menjadi habitat bagi berbagai jenis biota laut, kini semakin diakui perannya dalam mitigasi dampak perubahan iklim.

PJ Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar menekankan bahwa penanaman mangrove bukan hanya tentang menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang bagi keberlanjutan kehidupan masyarakat pesisir. “Kita harus memahami bahwa menjaga kelestarian alam adalah bagian dari menjaga keberlanjutan kehidupan kita sendiri. Mangrove memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut dan pantai,” ujar PJ Gubernur.

“Kami merayakan HUT Sulbar dengan cara berbeda, dengan cara menanam mangrove. Ini sebagai upaya kita yang saya sebut ekstra ordinary, atau tindakan luar biasa. Ini kita lakukan benar-benar sebagai terima kasih kita kepada Allah SWT telah menciptakan Sulbar penuh Mangrove, namun kita melihat mulai berkurang sehingga kita harus menanam kita menjaga ekosistem mangrove di Sulbar,” ucap Pj. Gubernur Bahtiar.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment