Sat, May 18, 2024
Sosialisasi Penanganan Sampah di TPA/TPST Regional di Kab. Majene

Majene 2022, Sosialisasi dan pembinaan tentang pengelolaan sampah, kembali digelar oleh DLH Prov Sulbar. Kamis 04 Agustus 2022 bertempat di Wisma AD Zikra KAb. Majene untuk diberikan arahan dan pembinaan tentang bagaimana cara mengelola sampah yang baik dan benar.

Kepala Bidang Persampahan Hasman, Spd didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Sampah serta Narasumber dari Ketua Bank Sampah Indonesia Saharuddin menyampaikan, agar para pemulung atau warga masyarakat yang melakukan aktifitas pengumpulan Sampah di TPA diminta agar sampah-sampah yang telah dipilah supaya dikumpulkan yang rapi sesuai jenisnya dan ditempatkan pada tempat penimbunan sementara yang telah disediakan. Selanjutnya kebersihan sampah yang telah terpilah dan lingkungan tempat penimbunan juga harus diperhatikan agar lingkungannya tetap bersih dan sehat, sehingga nilai ekonomi sampah yg dipilah tersebut juga akan meningkat. Hasil pemilahan sampah yang telah terkumpul, secara periodik harus ditimbang dan dicatat oleh DLH.

Kepada para peserta sosialisasi juga diminta kerjasamanya untuk ikut bersama-sama menjaga seluruh fasilitas dan asset yang ada di TPA/TPST yang ada kab. Majene baik keamanannya maupun kebersihannya.

Kegiatan sosialisasi ini adalah merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh DLH Prov. Sulbar . Adapun agenda-agenda kegiatannya selalu diupayakan melibatkan masyarakat, meskipun dikemas dalam kegiatan yang sederhana. Hal ini dimaksudkan agar dapat membangun kesadaran dan perilaku budaya bersih disemua strata sosial. Sehari setelah kegiatan di lakukan tinjauan langsung ke Bank Sampah Induk khusus Plastik yang ada di Kab. majene yang di kelolah oleh sdr Aslan selaku ketua dan pemerhati lingkungan dan Tim yang di pantau oleh Tim DLH Kab.Majene.

Melalui pembinaan dan sosialisasi ini diharapkan dapat membangun kerukunan dan kebersamaan antara para pemulung, warga sekitar TPA dan aparat yang bertugas di TPA, serta membangun kesadaran dan kepedualian semua pihak yang terkait terhadap pengelolaan sampah dan kebersihan khususnya yang ada di Kab. Majene.

galery :

0 Comments

Leave a Comment