Sat, May 18, 2024
Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sulbar Melaksanakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat menggelar sosialisasi pengelolaan sampah dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat di lokasi program kampung iklim (Proklim), di Lingkungan Kasiwa Timur Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju, Senin 29 April 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis LH Sulbar, Zulkfili Manggazali, Kepala Bidang pengendalian dan Pencemaran Lingkungan, Alexander Bontong, Ketua Tim Proklim DLH Sulbar, Syukriah Alimuddin, Lurah Binanga, Kepala Lingkungan Kasiwa Timur, Ketua Komunitas AMPAS Mamuju dan perwakilan warga Lingkungan Kasiwa Timur.

Kebersihan lingkungan dan sampah menjadi salah satu faktor dari kesehatan masyarakat. DLH Prov. Sulbar menyampaikan permasalahan umum terkait pengelolaan sampah, yaitu bahaya dari tidak terkelolanya sampah. Masalah sampah tentunya dapat mengakibatkan masalah baru bagi lingkungan dan bagi kesehatan kita. Sampah yang tidak terkelola dengan baik akan menjadi sarang penyakit melalui pencemaran air, tanah dan udara. Timbulnya hewan pembawa penyakit seperti tikus dan kecoa juga dapat hadir disebabkan tumpukan sampah yang tidak terkelola. Tumpukan sampah juga mengakibatkan bau yang tidak sedap serta hilangnya estetika/keindahan lingkungan.

Kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah merupakan implementasi dari amanat Undang- undang 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Peraturan Gubernur Sulawesi Barat No. 47 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga dimana target 30% pengurangan sampah dan 70% target pengelolaan sampah pada tahun 2025. Selain itu, Lingkungan Kasiwa Timur ini juga telah diusulkan sebagai Kampung Iklim Kabupaten Mamuju dalam Program Kampung Iklim tahun 2024 dimana diharapkan seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah setempat dapat bahu membahu dalam memperkuat kapasitas ketahanan terhadap Iklim dan Cuaca Ekstrim melalui pelaksanaan aksi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca khususnya melalui pengelolaan sampah.

Kadis LH Sulbar, Zulkifli Manggazali mengatakan “Diharapkan kegiatan Pertemuan ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dan pemerintah setempat dalam upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim secara Global dan khususnya di Provinsi Sulawesi Barat”

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment