Sat, May 18, 2024
KEGIATAN SAMPLING OLEH UPT LABORATORIUM LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROV. SULBAR

KEGIATAN SAMPLING OLEH UPT LABORATORIUM LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROV. SULBAR

Udara merupakan salah satu faktor yang mempunyai peranan penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Pengelolaan kualitas udara dan pengendalian pencemaran udara perlu dilakukan untuk menjaga fungsinya dan mempertahankan kelestarian serta keberlangsungan kehidupan. Dalam rangka upaya Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat telah melakukan kegiatan pemantauan kualitas Udara ambien di Dusun Pelosian Desa Buttuada Kec Bonehau kab. Mamuju.

Informasi kualitas udara yang diperoleh dari kegiatan pemantauan kualitas udara sangat bermanfaat dalam upaya pengelolaan kualitas udara dan pengendalian pencemaran udara. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencemaran udara maka diperlukan pemantauan kualitas udara ambien. Tujuan dari pekerjaan ini adalah : 1) Monitoring sekaligus mengetahui kualitas udara ambien yang ada di wilayah Bonehau, 2) Mengetahui tingkat pencemaran melalui perhitungan indeks pencemaran udara, dan 3) Mengumpulkan data kondisi kualitas udara ambien di Dusun Pelosian Desa Buttuada Kec Bonehau kab. Mamuju

Metode yang digunakan dalam pekerjaan pemantauan kualitas udara ini adalah dengan melakukan pengambilan sampel udara dan kemudian dianalisis oleh laboratorium terakreditasi DLH Prov. Sulbar. Pengambilan sampel udara terdiri dari (Total Suspended Particulate (TSP), Getaran, Kebisingan titik sampling kualitas udara ambien selama 24 jam yaitu Kawasan Dusun Pelosian (Kecamatan Bonehau), Kawasan Permukiman di Desa Buttuada (Kecamata Mamuju ), 1(Satu) titik menggunakan metode Standar Nasional Indonesia (SNI). Lokasi sampling berada di Dusun Pelosian Desa Buttuada Kec. Bonehau Kab. Mamuju  Sulawesi Barat.

Selain itu, kegiatan sampling air sungai juga dilakukan di lokasi yang sama. Kegiatan sampling air dilakukan dalam rangka upaya Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup. Pelaksanaan pemantauan rutin kualitas air sungai lariang yang berdekatan dengan pengambilan sampel udara, bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas air sungai di Kabupaten Mamuju.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment