Sat, May 18, 2024
DLH Prov. Sulbar menggelar Rapat koordinasi terkait penanganan sampah di Pesisir Pantai Arteri Mamuju

DLH Prov. Sulbar menggelar Rapat koordinasi terkait penanganan sampah di Pesisir Pantai Arteri Mamuju

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat menggelar rapat koordinasi terkait penanganan sampah di Pesisir Pantai Arteri Mamuju. Rapat melibatkan sejumlah instansi dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Mamuju, BPJN Sulbar dan Komunitas Ampas Mamuju. Rapat dilaksanakan pada Hari Senin, 08 Januari 2024, bertempat di ruang rapat  Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat, Kompleks Perkantoran Gubernur Sulawesi Barat Wing 6 Lt. 2, Jl. H. Abd. Malik Pattana Endeng Mamuju. Rapat di buka dan pimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Zulkifli Manggazali, SE, M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas H. Zulkifli menyampaikan terima kasih karena telah menyempatkan hadir dalam rapat koordinasi terkait penanganan sampah yang ada di pesisir pantai Arteri mamuju, diharapkan masukan & kerjasama antara Dinas lingkungan Hidup Kab. mamuju, BPJN Sulbar, Komunitas lingkungan Ampas mamuju serta peran masyarakat dalam mewujudkan Mamuju yang bersih, indah dan peduli akan sampah sekitar khususnya di bibir pantai Arteri Mamuju yang sekarang ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat yang ada di kab. Mamuju. “Dalam pengelolaan sampah pesisir, DLH kab. Mamuju sudah baik. Hanya saja masih ada faktor-faktor lain yang menyebabkan adanya sampah pesisir ini ”. beliau pun melanjutkan, terkait penanganan kasus lingkungan ini, DLH Provinsi Sulbar telah dan terus berkomitmen melakukan pemantauan bahkan melaksanakan berbagai program kerja sebagai wujud peran dan fungsi DLH untuk Sulbar.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat akan berkolaborasi dengan Dinas lingkungan Hidup Kab. mamuju, BPJN Sulbar, dan Komunitas lingkungan Ampas Mamuju akan mengadakan Kerja Bakti secara massal untuk menangani permasalahan sampah laut yang ada di sekitaran bibir pantai & Sungai arteri, yang selanjutnya akan dijadikan agenda rutin.

Dari beberapa masukan yang di dapat terdapat beberapa point yang bisa di simpulkan antarta lain, untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingya kebersihan di bibir pantai terutama kepada pelaku UMKM sepanjang pantai Arteri agar selalu memperhatikan sampahnya, memasang Plang peringatan larangan membuang sampah, menambah tempat sampah di bibir pantai hingga jaraknya tidak terlalu berjauhan antara tong sampah satu dan lainnya yang akan memudahkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya . Semoga dengan pertemuan ini dapat memberikan solusi penanganan sampah yang ada di bibir pantai & Sungai Arteri mamuju. DLH Sulbar pun berharap, kedepannya rencana-rencana aksi penanganan sampah laut dapat optimal terealisasi, dan pemerintah pun dalam hal ini turut mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment