Wed, Jun 26, 2024
Peringatan Hari Lingkumgan Hidup dan Hari Laut Sedunia Tahun 2024

MAMUJU – Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan hari internasional terbesar bagi lingkungan hidup. Dipimpin oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP), dan diadakan setiap tahun sejak tahun 1973, program ini telah berkembang menjadi platform global terbesar untuk penjangkauan lingkungan hidup dan diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan penyelamatan lingkungan serta dirayakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Bertemakan International “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience” dengan slogan “Our Land, Our Future, Generation Restoration”. Tahun ini Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengusung tema nasional yaitu “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip keadilan”.

Tahun 2024 ini, Pemprov. Sulbar merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Hari Selasa, Tanggal 11 Juni 2024 yang di rangkaikan dengan Hari Laut Sedunia di Lapangan Sepak Bola Desa Sumare, Kecamatan Simboro , Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Sumare, Kabupaten Mamuju, menjadi tuan rumah dalam acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia tahun 2024. Acara yang diselenggarakan pada hari ini,Selasa 11 Juni 2024, dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Pj. Gubernur Sulawesi Barat dan para peserta Forkopimda Sulawesi Barat.

Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Laut Sedunia ini menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Berbagai kegiatan digelar dalam acara ini, seperti penanaman pohon, dan edukasi tentang lingkungan hidup dan laut.

Pj. Gubernur Sulawesi Barat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup dan laut.

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai pengingat bagi kita semua untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup dan laut. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ujar Pj. Gubernur.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Laut Sedunia diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi kelestarian alam di Sulawesi Barat. Dengan kerjasama dan komitmen dari semua pihak, diharapkan kelestarian lingkungan hidup dan laut dapat terjaga untuk generasi mendatang.

Laporan Ketua Panitia dalam hal ini Kadis Lingkungan Hidup Daerah Prov. Sulbar, H. Zulkifli Manggazali, SE, M.Si dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut andil dan berkontribusi dalam terlaksananya kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 yang di laksanakan di Desa Sumare Kab. Mamuju. Ditambahkan juga, telah diraih beberapa penghargaan baik ditingkat provinsi maupun nasional, diantaranya Penyerahan piagam penghargaan nasonal bidang lingkungan hidup berupa :

A. Sertifikat peringkat kinerja perusahaan (proper) Periode penilaian tahun 2022-2023 kepada 9 Perusahaan :

  1. PT. LETAWA
  2. PT. PASANGKAYU
  3. PT. SURYARAYA LESTARI 1
  4. PT. SURYARAYA LESTARI 2
  5. PT. UNGGUL WIDYA TEKNOLOGI LESTARI – PMKS AGRIBARAS
  6. PT. UNGGUL WIDYA TEKNOLOGI LESTARI – PMKS BARAS
  7. PT. MANAKARRA UNGGUL LESTARI
  8. PT. SEMEN TONASA, UNIT PENGANTONGAN MAMUJU
  9. PT. REKIND DAYA

B. Piagam / tropy program kampung iklim (proklim) tingkat nasional kepada 12 kelompok tingkat dusun / desa / kelurahan masing-masing :

  1. DESA SALURURU KECAMATAN BAMBANG (Penerima Penghargaan Tropy – Sertifikat dan Insentif Proklim Utama Tahun 2023)
  2. DESA BALLA SATANETEAN KECAMATAN BALLA
  3. DESA AKO KECAMATAN PASANGKAYU
  4. DESA LETAWA KECAMATAN SARJO
  5. DESA KUMASARI KECAMATAN SARUDU
  6. DESA KAROMBANG KECAMATAN BULO
  7. DUSUN RAPPOGADING DESA LAGI-AGI KECAMATAN CAMPALAGIAN
  8. DUSUN GALUNG DAALA DESA SURUANG KECAMATAN CAMPALAGIAN
  9. DUSUN LEMBANG DESA TANDASURA KECAMATAN LIMBORO
  10. DESA BEROANGIN KECAMATAN MAPILLI
  11. DESA LILLI KECAMATAN MATANGNGA
  12. DESA TAPUA KECAMATAN MATANGNGA
  13. LINGKUNGAN TINAMBUNG KELURAHAN TINAMBUNG KECAMATAN TINAMBUNG

PENERIMA PIAGAM APRESIASI PEMBINAAN PROKLIM TAHUN 2023 :

  • KABUPATEN POLEWALI MANDAR

C. Piagam penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023 kepada 3 sekolah masing-masing :

  1. SD negeri 012 Galeso Kab. Polewali Mandar
  2. SD negeri Kalukku Kab. Mamuju
  3. SMP Negeri Wonorejo Kab. Mamuju
  4. SMA Negeri 1 Kalukku Kab. Mamuju

Kegiatan pun di tutup dengan melakukan aksi penanaman pohon sukun dan mangrove di lokasi yang telah di tentukan dan dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten di Sulawesi Barat yang juga turut melaksanakan seremoni peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024 tingkat provinsi yang terpantau secara daring melalui ZOOM.

Gallery :

0 Comments

Leave a Comment